Tips Mudah Sinkronisasi Antar Folder dengan FreeCommander


Tips ini berguna untuk sinkronisasi antara dua folder (antara local folder dengan local folder/external disk/network folder) menggunakan aplikasi FreeCommander.

Satu aplikasi yang saya gunakan adalah FreeCommander, alternatif dari TotalCommander yang berbayar. Aplikasi ini berfungsi layaknya explorer namun mempunyai segudang fitur tambahan yang sangat berguna dalam memanajemen file atau folder, dalam tutorial kali ini adalah fungsi sinkronisasi antara dua folder.

Aplikasi ini wajib yang kudu harus ada di komputer saya dan yang pertama kali saya buka 😀 Aplikasi ini bisa download dari FreeCommander download page.

Sinkronisasi antar folder sangat berguna bila ingin backup data dari satu folder ke folder lain, terutama bila bekerja pada folder yang berbeda-beda. Sinkronisasi bisa diset otomatis agar file yang lebih baru akan menimpa file yang lama dan/atau file baru ter-copy/move ke folder baru.

1. Jalankan FreeCommander. Buka folder di panel kiri dan kanan yang ingin disinkronisasi.
FreeCommander Sinkronisasi

2. Menu Folder -> Synchronize… atau press Alt + S untuk sinkronisasi.
FreeCommander Sinkronisasi
Pada kotak opsi Show, hilangkan opsi tanda sama dengan warna hitam agar file yang sama di kedua folder tidak ditampilkan di kedua panel karena akan merepotkan.

3. Masuk ke tab Filter untuk menyaring tipe file-file apa saja yang ingin atau tidak ingin disinkronkan. Contoh format penulisan filter:
*.bak;*.log;*.lnk;*.err;*.~tmp;*.dwl;*.dwl2
Isian Include files bila hanya ingin tipe file tersebut yang disinkronkan. Sedangkan isian Exclude files untuk menghindari tipe file tersebut disinkronkan.
03 FreeCommander synchronize filter

4. Setelah siap klik tombol Compare pada tab Files. Akan terlihat file-file mana saja yang berbeda dari tiap panel. Klik tombol Synchronize… dan klik OK di jendela konfirmasi untuk memulai proses sinkronisasi antar folder. Bila proses tersebut telah selesai maka kedua folder sudah mempunyai isi file dan folder yang identik, tentunya dengan filter file yang telah ditetapkan.
FreeCommander Compared files

5. Tips: saat jendela konfirmasi keluar, Anda bisa menetapkan apakah hanya file yang di salah satu panel saja yang ingin disinkronkan atau didelete
FreeCommander Sinkronisasi