[Tips Word] Menggunakan Quick Parts untuk Konsistensi Identitas Document


Bagi pengguna Microsoft Word terkadang direpotkan oleh identitas dokumen, seperti judul dokumen dan nomor dokumen, yang tersebar di beberapa lokasi (lihat screenshot), seperti di cover, di revision sheet, di header atau di footer; sehingga apabila ingin dirubah identitas tersebut, maka mengharuskan pengguna mengganti satu-persatu di lokasi-lokasi tersebut. Hal ini tentu memakan waktu lebih dan rentan dengan ‘ketinggalan lupa diedit’.
01-quick_parts-word
Namun Word telah menyediakan fitur yang memudahkan pengguna menghadapi masalah seperti ini, yaitu fitur Quick Parts semacam fungsi ‘Block’ di AutoCAD namun khusus untuk teks. Sehingga apabila satu part dengan suatu property diubah maka part lain dengan property yang sama akan ikut berubah, tetapi yang berubah hanya content-nya saja, format teks (ukuran font, tipe font, atau bold/italic) tetap berdiri sendiri untuk setiap part.

Berikut langkah-langkah meng-insert Quick Part.

  1. Posisikan cursor di lokasi yang diinginkan. Sebagai contoh lokasi document number di cover.
  2. Masuk ke menu Insert -> Quick Parts -> Document Property -> di sini saya menggunakan property Subject sebagai document number.
    02-Subject-property
  3. Masukkan nomor yang diinginkan dan format teksnya (ukuruan font, tipe font, bold/italic).
    03-edit-property
  4. Masukkan document title di lokasi yang diinginkan, saya menggunakan property Title.
    04-edit-property
  5. Masukkan document number dan document title di lokasi lainnya menggunakan langkah no.2.
    05-insert-property
    06-insert-property
    07-insert-property
    08-insert-property
  6. Setelah itu dicoba untuk tiap part diubah content-nya maka part dengan property yang sama akan berubah contentnya. Selamat mencoba!

Tags: