Analisa Kekuatan Sinyal Modem dengan QPST dan QXDM


Aplikasi QPST dan QXDM berguna untuk analisa kekuatan sinyal modem, namun hanya untuk modem berchipset Qualcomm. Untuk tutorial kali ini menggunakan modem Smart ZTE AC2726 dan mengukur kekuatan sinyal EVDO. Klo saya berguna sebagai pengguna modem SMART Telecom, apalagi sekarang makin crowded aja penggunanya. Pengalaman klo berubah sedikit arah modemnya, sinyalnya langsung berkurang, oleh karena itu aplikasi ini sangat berguna yang ingin mendapatkan sinyal yg optimal.
Download QPST | Download QXDM

Untuk tutorial instalasi bisa diliat di http://nanojepara.blogspot.com/2010/11/tutorial-qxdm-qspt.html

Saya hanya ingin sedikit menjelaskan cara menampilkan informasi-informasi yang berguna dalam QXDM. Informasi tersebut adalah HDR Information, HDR Pilot Sets, dan HDR Power. Untuk menampilkannya:
1. Klik menu View -> New -> CDMA 1xEV -> pilih 3 informasi di atas.
View Menu

2. Atur jendela sedemikian rupa agar terlihat semua, seperti screenshot di atas.
Untuk Pilot Energy pada HDR Pilot Sets, semakin mendekati 0 semakin baik. 0 s/d -5 dikatakan sinyalnya bagus dan Pilot PN sebaiknya hanya satu.
Begitu pula pada HDR Power, semakin mendekati 0 pada grafik RX Antenna, sinyal semakin bagus. Sinyal dikatakan jelek bila kurang dari -90.
Sedangkan untuk DRC Rate Requested pada HDR Information adalah maksimal kecepatan secara teoritis yang bisa diperoleh oleh modem, terlepas dari maksimal paket Internet yang diregister maupun trafik yang tinggi dari BTS. Jadi klo register paket 3.1Mbps tetapi DRC Rate Requested hanya 512kbps, maka maksimal kecepatan hanya 512kbps. Begitu juga bila trafik tinggi, tidak bisa maksimal.
HDR Windows

Tags: , ,